Mekanika Klasik - Teknologi dan Sains Masa Kini | Teknosains.id

Mekanika Klasik

Pengertian Mekanika Klasik
             Mekanika dalam ilmu fisika berhubungan dengan gaya yang bekerja pada benda. Mekanika Klasik sering disebut sebagai Mekanika Newton. Mekanika Klasik menggambarkan dinamika partikel atau sistem partikel. Dinamika Partikel ditunjukkan oleh hukum-hukum Newton tentang gerak, terutama oleh hukum kedua Newton.

            Hukum ini menyatakan "sebuah benda yang memperoleh pengaruh gaya  atau interaksi akan bergerak sedemikian rupa sehingga laju perubahan waktu dari momentum sama dengan gaya tersebut.
           Mekanika Klasik dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
1. Statistika : mempelajari benda diam
2. Kinematika : mempelajari benda bergerak
3. Dinamika : mempelajari benda yang terpengaruh gaya

 Sejak Kapan Ilmu Mekanika Klasik Dikenal?
           Ilmu mekanika sudah dikenal sejak jaman yunani kuno sehingga ilmu mekanika bisa disebut sebagai bidang ilmu fisika tertua dan dianggang ilmu "klasik" karena mekanika meliputi hukum-hukum yang telah dipahami lama sebelum terobosan ilmiah teori kuantum dan relativitas di abad ke-20. 

           Hukum-hukum ini masih dapat diterapkan untuk menjelaskan sebagian besar fenomena umum di alam semesta yang terjadi dari skala atom dan molekul. Hanya dalam situasi-situasi sangat ekstrim yang melibatkan bidang-bidang gravitasi yang kuat, kecepatan tinggi, atau skala sangat kecil sehingga terobosan-terobosan yang terjadi
Ilmu mekanika klasik
menjelaskan aspek-aspek alam semesta
baru-baru ini menawarkan penjelasan yang lebih akurat mengenai apa yang sedang berlangsung.

           Ilmu mekanika klasik menjelaskan aspek-aspek alam semesta, mulai dari mesin-mesin sederhana, hingga orbit planet, dan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas dari tingkat atom hingga ke skala sehari-hari atau "makrokospis".

          Menggaris bawahi semua fenomena berbeda ini adalah contoh-contoh sederhana dari benda-benda yang bertumbukan, dan hukum-hukum sederhana yang menjelaskan interaksi dan tingkah laku benda-benda tersebut. Teknik ilmu mekanika klasik memungkinkan kita bisa menghitung perolehan pelepasan dan perpindahan energi antara partikel-partikel, dan memprediksi tingkah laku benda di berbagai situasi.

Apa Hukum Terpenting Dalam Ilmu Mekanika? 
Sir Isaac Newton
          Hukum paling penting dari ilmu mekanika ini adalah hukum Newton tentang gerak dan gravitasi, yang dijelaskan oleh fisikawan inggris sir isaac newton dalam bukunya yang terbit di tahun 1687 berjudul principles of natural philosophy.

         Hukum-hukum newton ini menjelaskan gerak benda atau obyek  di bawah pengaruh gaya dan kekuatan kekuatan gaya gravitasi di antara massa-massa besar.

        Dengan demikian, hukum -hukum newton memberikan penjelasan lengkap mengenai fenomena alam dalam berbagai kondisi ekstrim pada skala submikrokopis fisika kuantum atau dalam situasi kecepatan atau gravitasi ekstrim yang dijelaskan oleh relativitas.

           Sungguh, hukum-hukum Newton sangat berguna dalam menjelaskan fenomena-fenomena dalam kehidupan keseharian kita sehingga hukum newton sering digunakan sebagai sebuah sinonim untuk seluruh bidang ilmu mekanika klasik.
Mekanika Klasik Mekanika Klasik Reviewed by mpryann on January 31, 2017 Rating: 5

No comments